dinsos.pakpakbharatkab.go.id
Komplek Panorama Indah Sindeka Salak
Telp/Fax (0627) 7433075
Berita

BBPLK MEDAN KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN LAKSANAKAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI MOBILE TRAINING UNIT

Rabu, 15 Agustus 2018

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Mobile Training Unit (MTU) Mekanik Junior Sepeda Motor, Instalasi Penerangan, Industri Kreatif (Menjahit), Bisnis dan Manajemen (Administrasi Perkantoran) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Practical Office) bertempat di Aula Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat, Senin (30/07/2018).

Asisten Administrasi Pembangunan Pemerintah kabupaten Pakpak Bharat, Ir. Supardi Padang, MM dalam sambutannya pada pembukaan acara pelatihan tersebut mengucapkan selamat kepada para peserta pelatihan yang terpilih dan mengharapkan agar kesempatan mengikuti pelatihan ini jangan disia-siakan.

“Belajarlah dengan tekun dan disiplin agar materi yang diberikan oleh instruktur dapat diserap dengan baik. Terima kasih kami ucapkan kepada BBPLK Medan Kemnaker dan para panitia penyelenggara yang telah melaksanakan proses rekruitmen dan seleksi dengan baik dan lancar sampai acara pembukaan pelatihan ini,” kata Asisten Administrasi Pembangunan Pemerintah kabupaten Pakpak Bharat.

Kepala BBPLK Medan yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi (Iman Agung, SIP, M.Si) mengatakan bahwa BBPLK Medan sebagai Unit Pelaksana Teknis Pusat Kemenaker memiliki fungsi dan tugas untuk melaksanakan pendekatan pelatihan. Sehubungan sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Utara adalah pedesaan maka pendekatan PBK MTU di daerah menjadi sangat penting untuk dilaksanakan.

Selanjutnya Kepala BBPLK Medan menyebutkan melalui pelatihan seperti itu, potensi yang dimiliki oleh masyarakat dapat dikembangkan untuk menjadi pengusaha atau pekerja yang memiliki nilai tambah dalam rangka menanggulangi pengangguran dan meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat.

Adapun Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat (Ishak Simon, S. Sos) yang didampingi oleh Kepala Bidang Tenaga Kerja (Eulisa Manik, SH, MM), Kasi Pelatihan Tenaga Kerja dan Kewirausahaan (Franciskus Eka Siburian, SE) dan Kasi Perlindungan Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial (Elias Sunggul Bungaran Cibro, SH, MH) menyampaikan terima kasih kepada BBPLK Medan dengan dilaksanakannya Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Mobile Training Unit (MTU) Mekanik Junior Sepeda Motor, Instalasi Penerangan, Industri Kreatif (Menjahit), Bisnis dan Manajemen (Administrasi Perkantoran) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Practical Office) di Kabupaten Pakpak Bharat. Melalui pelatihan ini diharapkan terbuka lapangan kerja dengan adanya kompetensi yang berdaya saing.

“Dengan adanya pelatihan ini, kami harapkan para peserta dapat mempelajarinya sebaik mungkin. Ini kesempatan yang sangat berharga. Salah satu upaya kita untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan mengurangi pengangguran angkatan kerja di Kabupaten Pakpak Bharat. Tetap semangat dan jaga kesehatan,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat.

Adapun PBK MTU di Kabupaten Pakpak Bharat dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli sampai dengan 26 Agustus 2018 bertempat di Balai Diklat BKD Kabupaten Pakpak Bharat yang diikuti peserta pelatihan sebanyak 80 orang yaitu terdiri atas Sub Kejuruan Mekanik Junior Sepeda Motor 16 orang, Sub Kejuruan Listrik Instalasi Penerangan 16 orang, Sub Kejuruan Industri Kreatif (Menjahit) 16 orang, Sub Kejuruan Bisnis dan Manajemen (Administrasi Perkantoran) 16 orang dan Sub Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Practical Office) 16 orang.