dinsos.pakpakbharatkab.go.id
Komplek Panorama Indah Sindeka Salak
Telp/Fax (0627) 7433075
Berita

PENUTUPAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI MOBILE TRAINING UNIT BBPLK MEDAN KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN

Rabu, 29 Agustus 2018

Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) yang digelar Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan yang berlangsung selama 20 hari dan diikuti 80 peserta usai dilaksanakan. Pelatihan MTU tersebut ditutup oleh Kepala Dinas Sosial, Ishak Simon, S.Sos didampingi Kepala Bidang Tenaga Kerja, Eulisa Manik, SH, MM di Aula Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat. Turut hadir dalam acara penutupan tersebut Kasi Pelatihan Tenaga Kerja dan Kewirausahaan Franciskus Eka Siburian, SE, Kasi Perlindungan Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Elias Sunggul Bungaran Cibro, SH, MH, Ketua LSP BBPLK Medan, Drs. Usman Hasibuan, M.Si dan para Instruktur Pelatihan, Jumat (24/8).

“Pembangunan suatu negara hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi agar stabil dan dalam keadaan naik terus. Oleh karena itu, target utama yang menjadi landasan munculnya program-program nasional adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran  dan salah satunya melalui program pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dengan kompetensi terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat.

Pelatihan Berbasis Kompetensi atau PBK dilakukan agar kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan industri. PBK dan sertifikasi profesi merupakan salah satu pilar pengembangan Sumber Daya Manusia dan untuk membuktikan para peserta pelatihan benar-benar kompeten atau tidak, mereka diberikan Uji Kompetensi (UJK) langsung dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) terkait sesuai kejurannya masing-masing. UJK ini masih dalam rangkaian pelatihan gratis tenaga kerja yang dilaksanakan BBPLK Medan dan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus s/d 28 Agustus 2018. 

Dengan berakhirnya kegiatan pelatihan ini diharapkan siswa pelatihan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan wawasan yang bertambah untuk bekerja secara industri maupun mandiri.