dinsos.pakpakbharatkab.go.id
Komplek Panorama Indah Sindeka Salak
Telp/Fax (0627) 7433075
Berita

SINERGITAS DINAS SOSIAL DAN KEPOLISIAN RESOR PAKPAK BHARAT TERKAIT MOU PELAKSANAAN PENYALURAN BANTUAN SOSIAL

Selasa, 19 Februari 2019

Dinas Sosial Pakpak Bharat dan Polres Pakpak Bharat melaksanakan rapat di Aula Dinas Sosial yang berlangsung pada hari Rabu, 6 Februari 2019 lalu sebagai bentuk tindak lanjut penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Polisi Republik Indonesia dalam pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial.

Pertemuan terkait MOU tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Sosial, Elhidayat Berutu, SH, MAP dan dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Pakpak Bharat, AKP. Zulkarnain, Bhabinkamtibmas seluruh kecamatan, Seluruh SDM PKH mulai dari Koordinator, Pekerja Sosial Supervisor, Administrator Pangkalan Data hingga Pendamping Sosial PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Koordinator Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Sebagai informasi untuk tahun 2019 jumlah anggaran bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) semakin meningkat. Secara keseluruhan, bantuan sosial yang dianggarkan melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia pada Tahun 2019 sebesar Rp. 54.300.524.133.000 atau bertambah sekitar 38,8% dari jumlah anggaran Bantuan SosialTtahun 2018 sebesar Rp. 39.109.574.370.000, walaupun jumlah penerima bantuan sosial PKH tetap berada di besaran 10 Juta KPM ditahun 2019.

Kasat Binmas Polres Pakpak Bharat, AKP. Zulkarnain menjelaskan bahwa telah dibentuk 4 Satuan Tugas yang akan bekerjasama dengan PPKH demi kelancaran pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial, yaitu Satuan Tugas Sosialisasi yang akan ikut mendampingi Pendamping Sosial PKH saat sosialisasi di desa masing-masing, Satuan Tugas PAM yang bertugas melakukan pengamanan, Satuan Tugas Media yang bertugas mempublikasikan kegiatan sosialisasi Bantuan Sosial sampai ke tingkat pusat dan Satuan Tugas Penegakan Hukum yang bertugas jika didapati terjadi penyalahgunaan wewenang.

Sinergitas Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kepolisian Resort Pakpak Bharat dalam rangka pelaksanaan penyaluran Bansos diharapkan berjalan dengan solid, kuat dan terintegrasi, sehingga Bansos menjadi tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat penggunaan.