dinsos.pakpakbharatkab.go.id
Komplek Panorama Indah Sindeka Salak
Telp/Fax (0627) 7433075
Berita

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Selasa, 1 Oktober 2019

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Pakpak Bharat, Jumat (27/09/2019).

Asisten Administrasi Pembangunan Pemerintah kabupaten Pakpak Bharat, Ir. Supardi Padang, MM dalam sambutannya pada pembukaan acara pelatihan tersebut mengucapkan selamat kepada para peserta pelatihan yang terpilih dan mengharapkan agar kesempatan mengikuti pelatihan ini jangan disia-siakan.

Kepala BBPLK Medan yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan Juni Siahaan mengatakan bahwa BBPLK Medan sebagai Unit Pelaksana Teknis Pusat Kemenaker memiliki fungsi dan tugas untuk melaksanakan pendekatan pelatihan. Selanjutnya Kepala BBPLK Medan menyebutkan melalui pelatihan seperti itu, potensi yang dimiliki oleh masyarakat dapat dikembangkan untuk menjadi pengusaha atau pekerja yang memiliki nilai tambah dalam rangka menanggulangi pengangguran dan meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat (Ishak Simon, S. Sos) yang didampingi oleh Kepala Bidang Tenaga Kerja (Eulisa Manik, SH, MM), Kasi Pelatihan Tenaga Kerja dan Kewirausahaan (Franciskus Eka Siburian, SE) dan Kasi Perlindungan Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial (Elias Sunggul Bungaran Cibro, SH, MH) menyampaikan terima kasih kepada BBPLK Medan dengan dilaksanakannya Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Melalui pelatihan ini diharapkan terbuka lapangan kerja dengan adanya kompetensi yang berdaya saing.

Adapun PBK di Kabupaten Pakpak Bharat dilaksanakan selama 20 hari dimulai dari tanggal 27 September sampai dengan 19 Oktober 2019 bertempat di SKB Kabupaten Pakpak Bharat yang diikuti peserta pelatihan sebanyak 64 orang yaitu terdiri atas  Service Sepeda Motor Konvensional 16 orang, Menjahit Komponen Pakaian 16 orang,  Pengolahan Administrasi Perkantoran 16 orang dan Practical Office 16 orang.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kompetensi tenaga kerja meningkat dan mengurangi pengangguran di Kabupaten Pakpak Bharat.