dinsos.pakpakbharatkab.go.id
Komplek Panorama Indah Sindeka Salak
Telp/Fax (0627) 7433075
Berita

Pengawasan Ke PT Sumatera Energi Lestari (PT SEL)

Rabu, 29 Juni 2022

     Sesuai dengan Peraturan Presiden Indonesia Nomor 21 Tahun 2010 tentang Pengawasan Ketenagakerjaan bahwa salah satu tugas pokok dan fungsi Pengawasan di bidang pembinaan pengawasan ketenagakerjaan yaitu perumusan, pemeriksaan dan pengujian pelaksanaan norma ketenagakerjaan, norma keselamatan dan kesehatan kerja serta pemberdayaan pengawasan dan penegakan hukum ketenagakerjaan. Pengawasan ini merupakan bagian dari Tupoksi Dinas Sosial Bidang Tenaga Kerja bagian Pengawasan Ketenagakerjaan.

     Sehubungan dengan hal tersebut, pada hari Rabu, 22 Juni 2022 Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara melalui UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III yang berkantor di Pematang Siantar telah melakukan kunjungan ke Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Sosial yang membidangi Tenaga Kerja. Kunjungan tersebut langsung dihadiri oleh kepala UPT. Pengawasan Wilayah III Sumatera Utara yaitu Bapak Bangun Hutagalung, SH dan Bapak Ardiles O. T Silitonga, SPS, Mci yang merupakan Kepala Seksi K3 serta  Bapak Radesman Purba, ST yaitu salah seorang Pengawas Ketenagakerjaan.

     Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Sosial (Bapak Supardi Padang, SP, MM), Sekretaris Dinas Sosial (Bapak Ertho Tobing, SH, MM), Kepala Bidang Tenaga Kerja (Ibu Eulisa Manik, SH, MM), Pengawas Ketenagakerjaan (Elias S.B Cibro, SH, MH) dan Perwakilan PT SEL (Bapak Gomgom Simangunsong).

     Adapun kunjungan dimaksud untuk melakukan pemeriksaan tentang pelaksanaan peraturan perundang-undangan tenaga kerja terhadap PT Sumatera Energi Lestari (PT SEL) yang terletak di Dusun Lae Mbulan, Desa Pardomuan, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu.

     Tim pengawas Ketenagakerjaan dari Provinsi Sumatera Utara Wilayah III beserta pejabat bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial berangkat menuju lokasi proyek untuk meninjau langsung dan bertemu dengan beberapa Tenaga Kerja Asing (TKA) dan dilakukan pemeriksaan berkas kelengkapan TKA tersebut.

     Tim Pengawas Ketenagakerjaan dari Wilayah III, beserta pejabat bidang Tenaga Kerja melihat secara langsung proses pembangunan PT SEL tersebut, seperti keselamatan kerja para operator, keadaan lokasi yang merupakan hulu sungai Lae Ordi, dan pemeriksaan lainnya sesuai dengan tugas dan fungsi Pengawas Ketenagakerjaan.

     setelah dilakukan pemeriksaan ke Lapangan, ternyata PT SEL belum memenuhi persyaratan yang berlaku seperti : keselamatan dan kesehatan kerja belum sesuai dengan peraturan yang berlaku, Ijin AMDAL yang belum ada, Ijin Lingkungan dan persyaratan lainnya yang belum memadai, Selanjutnya pihak Perusahaan diwajibkan untuk memenuhi segala persyaratan sesuai dengan Peraturan yang berlaku.

Demikian sekilas info.